Manusia yang melawan atas ketauhidan  Asma' dan juga sifat kita sebut manusia yang ingkar terhadap  nama-nama Allah swt,sifat-sifatnya dan ayat-ayatnya.
Orang-orang yang ingkar atan asma,sifat-sifat dan ayat-ayatnya  bisa kita bagikan kedalam  tiga macam atau golongan yakni:

  1. Keingkaran orang-orang mussyrik yang menyelewengkan nama Allah ta'ala dari jalur yng sebenarnya,lalu mereka menamai patung-patung dann berhala-berhala mereka dengan namaNya,menambah atau mengurangi,lalu muncullah  namaal-laata,yang di ambil dari kataAl-Ilaah,nama Al-uzza yang di ambil dari  nama Al-azziz juga nama Manata dari nama Al-Mannan..
  2. Keingkaran orang-orang Musyabbihah,yang berusaha menyamakan  sifat-sifat Allah dan menyerupakannya dengan sifat-sifat makhluknya,golongan ini menjadi pasangann keingkaran dengan orangiorang musyrik,dimanamereka semua ini menyerupakan makhluk dengan  Rabb semesta alam.Dan mereka ini telah menempatkan  Allah pada posisi sebagai makhluk yang di ciptakanNya,menyamakan makhlukNya dengan Allah  dan menyucikannya.Maha tinggi Allah lagi mahasuci.
  3. Keingkaran orang-orang yang menafikan sekaliguc  meniadakan .Mereka terdiri dari dua kelompok
  • Kelompok yang menetapkan  atau yang mengakui adanya lafazh-lafazh dari nama-nama Allah Ta'ala,tetapi mereka menafikan  kandungan sifat-sifat kesempurnaan yang ada padaNya .karenanya mereka mengatakan:rahman rahim tanpa rahmat,alim tanpa ilmu,sami' tanpa pendengaran,bashir tanpa penglihatanQadir tanpa kekuasaan,dan mereka mencampakan nama-nama yang lainnya.
  • Dan kelompok lainnya secara lantang menafikan nama-nama sekaligus  kandungan secara keseluruhan ,lalu mereka menyifati Nya dengan ketiadaan secara total,yang tidak bernam dan juga  bersifat,Maha suci Allah lagi maha tinggi  dari apa yang dikatakan  oleh orang-orang yang zdalim yang ingkar,seperti firman Allah swt berikut ini


رَّبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ ۚ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيًّا

Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?(Mariyam :65)
Dan semogakita semua tidak termasuka dalam salah satu kelompok maka untuk rekan ku yang seiman teruslah mempertebal keimanan kita supaya ketauhidan kita takakan pernah goyah walau apapun yang datang wallahu'alam

0 comments:

Post a Comment

 
Islam.com © 2010-2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top